Untuk meningatkan kualitas pelayanan, Polres Batu menggelar Forum Konsultasi Pelayanan Publik di Balitjestro

Kota Batu – Polres Batu menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) sebagai upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik di Polres Batu.Acara ini dipimpin oleh Wakapolres Kompol Danang yang menekankan pentingnya dialog dan pertukaran pendapat antara pihak penyelenggara dan masyarakat bertempat di Balitjestro Tlekung Kota Batu. Selasa, (15/10/2024).

FKP kali ini difokuskan pada evaluasi kebijakan, dampak kebijakan yang telah diterapkan, serta identifikasi permasalahan yang perlu segera diatasi dalam pelayanan publik di Polres Batu. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa masyarakat dapat merasakan kepuasan atas layanan yang telah diberikan.


“Kegiatan ini merupakan dialog, diskusi pertukaran opini secara partisipatif antara penyelenggara layanan publik dengan publik untuk membahas rancangan kebijakan, penerapan kebijakan, dampak kebijakan, evaluasi pelaksanaan kebijakan ataupun permasalahan terkait pelayanan publik yang ada di Polres Batu,” ujar Wakapolres.

“Kami meminta masyarakat memberikan masukan terkait pelayanan yang telah kami berikan, kritikla dengan sangat pedas sehingga itu akan kami jadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas di kemudian hari.Jangan hanya kami diberi masukan yang baik saja sehingga itu akan menjadikan kami terlena,” ujar Kompol Danang.


Dalam kegiatan ini, Polres Batu menghadirkan narasumber Ach. Nashichuddin, MA. Lektor/IIId selaku Wakil Dekan 2 FKIK UIN Malang yang dalam pemaparan materi yang disampaikan, Ach.Nashichudin mangatakan Bagaimana sebenarnya pelayanan prima dalam konsep Islam itu bisa dilaksanakan dalam menejemen Polres Batu.

“ Ada beberapa hal dalam pelayanan prima menurut Islam yaitu salah satunya kualitas kita dalam memberikan layanan kepada masyarakat yang akan menjadi suatu tolak ukur sehingga jangan sampai kita merugikan masyarakat yang sudah kita layani,” ujarnya.

“Selanjutnya adalah kecepatan kita dalam melayani masyarakat karena banyak dari masyarakat ini meminta Polri haruslah cepat dalam melayani mereka maka penempatan SDM yang mumpuni dan menguasai menjadi pilihan utama untuk mewujudkan keinginan masyarakat tersebut.”


“Seperti apa yang disampaikan pak Wakapolres bahwa kritiklah Polri ini sejelak jeleknya sehingga dengan begitu akan tercapai pelayanan Polres Batu ini bisa prima seperti yang diinginkan oleh masyarakat. Ketika Polri sudah masksimal dalam melayani masyarakat secara Baik, Transparan, Cepat dan Mudah maka hasilnya kita kembalikan kepada Allah SWT, untuk itu mari kita dukung Polri khususnya di Polres Batu ini menjadi Polri seperti yang diidamkan oleh masyarakat,” tutupnya.

Sebelum acara diakhiri , diadakan sesi tanya jawab oleh para peserta yang dipandu oleh Moderator terkait apa saja keluhan, masukan, saran dan harapan terhadap pelayanan yang sudah diberikan oleh Polres Batu kepada masyarakat.
Pada intinya masyarakat ini meminta Polri di Polres Batu untuk cepat dalam merespon setiap keluhan masyarakat sehingga kehadiran Polri ini di tengah masyarakat bisa dirasakan secara langsung.