Polres Batu Gelar Operasi Zebra Semeru 2024 Dimulai Hari Ini, Simak Pelanggaran yang Disasar dan Sanksinya

 


Batu – Polres Batu menggelar Operasi Zebra Semeru 2024 di wilayah hukum Polres Batu terhitung mulai hari ini, Senin (14/10/2024). Pada Kegiatan Gelar Pasukan Ops Zebra 2024 dipimpin langsung oleh Kapolres Batu AKBP Andi Yudha Pranata, S.H., S.I.K., M.Si. bertempat di Lapangan Apel Mapolres Batu. Senin (14/10/2024).

Pada Kegiatan Apel Gelar Operasi Zebra Semeru 2024 dihadiri oleh PJ. Walikota Batu, Dandim 0818 Malang – Batu, Kajari Batu, beserta stakeholder dan elemen elemen masyarakat Kota Batu. Operasi Zebra tahun ini digelar sepanjang dua pekan, tepatnya akan berakhir pada 27 Oktober 2024.

“(Pelaksanaan operasi) tanggal 14 sampai dengan 27 Oktober 2024,” ujar Kapolres Batu AKBP Andi Yudha Pranata, S.H., S.I.K., M.Si. saat dikonfirmasi, Sabtu (12/10/2024).

Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranata, mengungkapkan jika operasi bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mematuhi aturan lalu lintas.


“Kami berharap dapat menciptakan situasi lalu lintas yang lebih aman dan tertib. Petugas nanti bakal fokus pada 14 jenis pelanggaran,” ujarnya usai mengikuti Apel Gelar Pasukan Zebra di Mapolres Batu.

AKBP Andi menuturkan bahwasannya, pelaksanaan Operasi Zebra Semeru 2024 ini diharapkan tidak hanya menjadi upaya penegakan hukum, tetapi juga sebagai langkah preventif untuk menekan angka kecelakaan di jalan raya. Data menunjukkan bahwa pelanggaran lalu lintas seringkali berujung pada kecelakaan yang menyebabkan kerugian materi hingga korban jiwa.

“Pada Operasi Zebra Semeru 2024 merupakan bagian dari rangkaian operasi kepolisian yang rutin digelar setiap tahun. Namun, tahun ini memiliki signifikansi khusus karena bertepatan dengan agenda nasional yang penting yaitu Pilkada 2024. Kemudian Masyarakat diharapkan dapat mendukung upaya ini dengan lebih disiplin dan mematuhi aturan demi keselamatan bersama,”tutur Kapolres Batu.

Kapolres Batu melalui Kasat Lantas Polres Batu AKP Diamond AKP Diamond R. Bangun, S.T.K., S.I.K., M.H., menerangkan setidaknya ada 14 pelanggaran yang menjadi prioritas sasaran Operasi Zebra Semeru 2024 ini. Berikut daftarnya:

1. Penggunaan rotator dan sirene yang tidak sesuai aturan.
2. Penertiban kendaraan bermotor dengan pelat rahasia atau pelat dinas.
3. Pengemudi di bawah umur.
4. Kendaraan yang melawan arus.
5. Berkendara di bawah pengaruh alkohol.
6. Menggunakan ponsel saat berkendara.
7. Tidak memakai sabuk keselamatan.
8. Melampaui batas kecepatan.
9. Sepeda motor yang berboncengan lebih dari satu orang.
10. Kendaraan roda empat atau lebih yang tidak layak jalan.
11. Kendaraan roda empat atau lebih yang tidak dilengkapi perlengkapan standar.
12. Kendaraan roda dua atau roda empat yang tidak dilengkapi Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).
13. Melanggar marka jalan atau bahu jalan.
14. Penyalahgunaan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) diplomatik.

Sanksi Operasi Zebra 2024
Sementara itu, Kasat Lantas Polres Batu AKP Diamond AKP Diamond R. Bangun, S.T.K., S.I.K., M.H., sebelumnya menyatakan, pelanggar Operasi Zebra 2024 akan dikenai sanksi berupa teguran hingga penilangan.

“Pendekatan utama dalam operasi kali ini difokuskan pada sosialisasi dan edukasi. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pentingnya tertib berlalu lintas, bukan hanya untuk menghindari sanksi, tetapi juga demi keselamatan bersama.” Ungkap AKP Diamond.

Sanksi teguran akan diberikan kepada pengendara motor yang tidak memakai helm, melawan arus, atau melebihi batas kecepatan.

“Namun demikian, petugas di lapangan tetap diberi kewenangan untuk melakukan tilang manual terhadap pelanggaran lalu lintas tertentu. Selama Operasi Zebra 2024 berlangsung, petugas juga akan mengutamakan teknologi Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) untuk menindak pelanggar,”jelas AKP Diamond.

Lebih lanjut, Kasat Lantas Polres Batu AKP Diamond AKP Diamond R. Bangun, S.T.K., S.I.K., M.H., juga menjelaskan, Operasi ini juga berperan penting dalam mendukung suksesi agenda nasional seperti pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, serta pilkada serentak di tahun 2024.

“Harapan Kami dengan pelaksanaan operasi Zebra Semeru 2024 dapat terlaksana ketertiban lalu lintas dapat terjaga dengan baik, sehingga semua agenda nasional tersebut dapat berlangsung lancar, aman, sukses tanpa ada gangguan yang berarti,” tutup Kasat Lantas Polres Batu AKP Diamond. (will_an_shoot/resbatu)