Kapolres Batu Bersama Forkopimda Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 Dengan Khidmat

Kapolres Batu Bersama Forkopimda Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2024 Dengan Khidmat

        

Polres Batu – Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranata, S.H., S.I.K., M.Si, menghadiri pelaksanaan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Batu di Balai Kota Among Tani. Upacara ini dipimpin oleh Penjabat Walikota Batu, Drs. Aries Agung Paewai, dan dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kota Batu, tokoh agama, tokoh masyarakat, Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkot Batu serta perwakilan pelajar Kota Batu, Selasa (1/10/2024).

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila kali ini membawa tema “Bersama Pancasila Kita Wujudkan Indonesia Emas”, yang mencerminkan harapan besar untuk membangun masa depan yang gemilang bagi Indonesia. Pancasila harus senantiasa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa di tengah dinamika zaman.

Kapolres Batu beserta Forkopimda dan seluruh peserta upacara mengikuti jalannya upacara dengan khidmat, menunjukkan komitmen mereka terhadap nilai-nilai Pancasila dalam menjaga kesatuan bangsa.

“Setiap tahun, peringatan ini mengingatkan kita akan perjuangan bangsa dalam mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara. Tahun ini, peringatan tersebut juga menekankan pentingnya Pancasila sebagai landasan dalam mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045, di mana Indonesia diharapkan menjadi negara yang maju, sejahtera, dan berdaulat,” terang AKBP Andi.

“Upacara ini diharapkan semangat Pancasila semakin mengakar di hati setiap warga, sebagai landasan untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik,” imbuh Kapolres Batu.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut, PJ Walikota Batu juga memberikan penghargaan kepada personel Polres Batu dan Koramil Batu 0818/14 atas prestasi mereka dalam menjaga keamanan dan ketahanan wilayah. Sebanyak 17 personel Satreskrim Polres Batu diakui atas pengungkapan berbagai kejahatan yang berpotensi mengganggu iklim investasi di Kota Batu. Sementara itu, 5 personel Satnarkoba Polres Batu menerima penghargaan atas penangkapan narkoba dalam jumlah signifikan, berhasil menyelamatkan ribuan generasi muda Kota Batu.

Penghargaan juga diberikan kepada LETTU Infantri Sumarsana, Danramil 0818/14, atas prestasinya dalam mendukung ketahanan pangan nasional, serta SERTU Arief Rahman, Babinsa 0818/07, yang aktif sebagai pembina disabilitas di Yayasan Disabilitas Kartika Mutiara.