Sosok Bripka Taufikurahman, Bhabinkamtibmas dengan segudang Prestasi yang selalu dinanti masyarakat kehadiranya

Sosok Bripka Taufikurahman, Bhabinkamtibmas dengan segudang Prestasi yang selalu dinanti masyarakat kehadiranya

Polres Batu – Melalui Program Cuhat Kambtibmas yang merupakan program unggulan Sat Binmas Polres Batu dalam menjaga Harkamtibmas sekaligus sebagai wadah menampung semua uneg uneg, saran, pendapat yang disampaikan melalui Bhabinkamtibmas, Bripka Taufik hadir ke warga binaanya di Desa Tulungrejo Bumiaji. Sabtu (5/10/24)

Pria asli dari kepulauan Nusa Tenggara ini merupakan salah satu Bhabinkamtibmas Polsek Bumiaji yang kehadiranya selalu ditunggu tunggu oleh masyarakat di Tulungrejo.

“ Disamping selalu tersenyum, beliau orang yang sangat akrab dengan warga sini, setiap ada acara di lingkungan baik RT,RW,atau Desa selalu meyempatkan hadir walaupun mungkin juga bersamaan dengan kegiatan pribadi dan keluarganya,” Ujar Prasyudi salah satu warga Desa Tulungrejo.

Sanjungan dari masyarakat tersebut sontak tak membuat Bripka Taufikurahman nama lengkapnya besar kepala , namun semua itu dijawab dengan kehadiranya di tengah tengah mereka.

“ Biasa Saja Mas, memang saya selalu tergerak untuk turun ke warga apabila ada kegiatan yang mengharuskan Polri hadir di tengah warga,” Ujarnya saat ditemui di tengah kesibukanya memberikan himbauan tentang pelaksanaan Pilkada yang dikemas melalui Curhat Kamtibmas.

“ Memang sudah tugasnya seorang anggota Bhabinkamtibmas dan anggota Polri secara umum untuk selalu dekat dengan warga masyarakat seperti yang diamanatkan dalam UU No 2 tentang Kepolisian, salah satu tugas Polri adalah Pelindung, Pengayom dan Pelayan Masyarakat,” tegasnya.

“ Sebagai pelayan menurut saya adalah kita harus sigap , segera turun tangan ataupun malah harus jemput bola kalau perlu belanja masalah istilahnya, guna mengetahui sejauh mana munculnya ambang gangguan yang ada di wilayah kita agar segera bisa ditangani dan tidak berkembang menjadi ganguan nyata,” Tambah Bripka Taufik.

Banyak penghargaan yang sudah ditorehkan oleh sosok Bripka Taufik ini antara lain Sebagai Siswa Tertabah pada Dikbangspes Brigadir Tipiring TA. 2013 di Pusdik Gasum Porong, kemudian menyabet penghargaan Sebagai Siswa Cendikia pada Dikbangspes Brigadir Tipiring TA. 2013 di Pusdik Gasum Porong, selanjutnya Reward sebagai Bamin Terbaik Sat Sabhara Polres Batu Tahun 2014, disusul kemudian Sebagai Bhabinkamtibmas Terbaik Polres Batu Tahun 2018, selanjutnya penghargaan sebagai salah satu Bhabinkamtibmas yang Terbanyak Mendaftarkan Warga untuk mendapatkan Bantuan UMKM di Polres Batu Tahun 2019, Reward sebagai Bhabinkamtibmas Terbaik Polres Batu dalam Kapolda Award Tahun 2021 di Mapolda Jatim dan Reward sebagai Bhabinkamtibmas Terbaik dari Kapolres Batu Tahun 2023.

Yang paling berkesan adalah telah turut andil dalam mensukseskan Pembentukan Kampung Tangguh Semeru, Kampung Toga Dusun Gerdu Desa Tulungrejo pada Masa Covid-19 dari Tahun 2019 sampai dengan sekarang masih berjalan untuk mendukung Perekonomian Warga.

Kapolres Batu AKBP Andi Yudha Pranata, S.I.K., M.T., sangat mengapresiasi anggota Polres Batu yang sudah mau turun ke tengah masyarakat. Sejak awal dirinya dilantik 3.5 bulan silam , salah satu Comander Wish yang saya tekankan adalah Polri harus maksimal dalam melayani masyarakat.

“ Memang betul dan harus seperti itu, seperti Bripka Taufik, baik untuk anggota Bhabinkamtibmas, Polisi RW ataupun anggota yang lain agar selalu melayani masyarakat dengan sepenuh hati. Jangan kecewakan masyarakat karena sesungguhnya Polri dipercaya oleh masyarakat untuk menjaga mereka, untuk membuat meraka aman, maka laksanakan dengan baik,” Kata Kapolres.

AKBP Andi Yudha juga berharap, semangat dan dedikasi seluruh anggota Polres Batu tidak akan luntur dalam menjalankan tugas.

“ Kami sadar bahwa menjalankan itu semua tidak mudah, namun kami bersama seluruh angota dengan didukung oleh jajaran Pemerintah, TNI dan semua elemen masyarakat , Insyallah Polres Batu siap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kota Batu tercinta,” Tutup AKBP Andi Yudha