Bentuk Kolaborasi Pemerintah dan Aparat Keamanan, Kapolres Batu Hadiri Acara Sosialisasi Pencegahan Radikalisme dan Terorisme

Bentuk Kolaborasi Pemerintah dan Aparat Keamanan, Kapolres Batu Hadiri Acara Sosialisasi Pencegahan Radikalisme dan Terorisme

       Polres Batu – Kapolres Batu, AKBP Andi Yudha Pranata, S.H., S.I.K., M.Si., menghadiri acara sosialisasi pencegahan dan penanganan radikalisme serta terorisme yang diselenggarakan di Gedung Graha Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kota Batu. Acara ini diikuti oleh sekitar 200 peserta yang terdiri dari berbagai elemen masyarakat, instansi pemerintah, dan aparat keamanan, Selasa (20/8/2024).

Turut hadir dalam acara ini beberapa tokoh penting, di antaranya AKBP Mohammad Dofir, S.Ag., S.H., M.H., Kanit I Subdit Kontra Ideologi Ditcegah Densus 88 AT; Islah Bahrawi, Tenaga Ahli Pencegahan Radikalisme, Ekstremisme, dan Terorisme Mabes Polri serta Direktur Eksekutif Jaringan Moderat Indonesia (JMI); Letkol Pas Ida Bagus Beni, W.S.H., yang mewakili Komandan Lanud Abd Saleh Malang; serta perwakilan dari Kesbangpol Provinsi Jawa Timur dan Kota Batu.

Dalam sambutannya yang disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Batu, Drs. Zadim Effisiensi, Walikota Batu menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah, aparat keamanan, dan masyarakat dalam memerangi radikalisme dan terorisme. “Kita hadir di sini untuk bersama-sama menyatukan komitmen dalam mencegah dan menangani radikalisme serta terorisme. Pemerintah berkomitmen untuk terus berupaya bersama pihak terkait dalam menciptakan Kota Batu sebagai contoh dalam pencegahan terorisme,” ungkapnya.

Acara ini dilanjutkan dengan diskusi interaktif yang dimoderatori oleh Drs. Susetya Herawan, M.Si., Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Batu. Diskusi menghadirkan dua narasumber utama, yaitu Gus Islah Bahrawi, yang berbagi pandangan tentang upaya moderasi sebagai strategi utama dalam mencegah radikalisme, dan AKBP Mohammad Dofir, yang membahas langkah-langkah konkret yang diambil oleh Densus 88 dalam menangani ancaman ideologi radikal.

Dalam diskusi ini, para peserta aktif bertanya dan memberikan pandangan, mencerminkan kepedulian yang tinggi terhadap isu radikalisme dan terorisme. Acara ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kesadaran serta kerja sama lintas sektoral dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Kota Batu dan sekitarnya.