Semarakkan peringatan HUT Bhayangkara ke 78, Polres Batu menggelar Event Sport yang bertajuk Gowes Wisata Bhayangkara 2024

Kota Batu – Dinas Pariwisata Kota Batu (Disparta) yang berkolaborasi dengan Polres Batu, menggelar event sport tourism bertajuk “Gowes Wisata Bhayangkara 2024.

Event ini yang diselenggarakan untuk memperingati Hari Ulang Tahun Ke-78 Bhayangkara ini diikuti ribuan peserta dari berbagai daerah pada Minggu 14 Juli 2024 dengan Start dan Finish di Mapolres Batu.

Menurut Kepala Disparta Kota Batu, Drs Arief As Siddiq, kegiatan akan sebagai upaya untuk meningkatkan kunjungan wisata ke Kota Batu. Selain itu juga sebagai ajang untuk memperkenalkan spot-spot menarik kepada para peserta terutama yang berada di sisi selatan kota batu yaitu di wilayah Kec Junrejo.

“Jadi sebagai ajang promosi pariwisata yang ada di Kecamatan Junrejo setelah tahun kemarin kita laksanakan di Kecamatan Batu,” katanya.

Oleh karena itu rute yang dilalui pun banyak melewati ikon ikon wisata di Kota Batu. Misalnya, untuk start dari Polres Batu menuju ke Tlekung kemuduan naik ke wilayah jalibar melewati pemandangan hutan yg indah serta peternakan kuda dan selanjutnya kembali finish di Mapolres Batu.

Selain itu Disparta juga menyedian waisata kuliner yang diprakarsai oleh Pemerintah Desa Junrejo yaitu Nasi Pecel dan Nasi Empok / Jagung .


Yang menarik kata Arief, selain Gowes Wisata, disparta juga mengadakan eksebisi ‘KOM Challenge Tanjakan Rungkad’.

“Jadi peserta yang ingin mencoba tantangan melewati jalur ekstrim bersama-sama berangkat dari Mapolres Batu menuju tanjakan di atas Panderman Hils menuju Golden Tulips untuk melakukan start KOM Challenge,” kata Arief.

Dikatakannya, khusus peserta KOM Challenge melewati rute yang berbeda dengan Gowes Wisata karena memang mereka akan mendapatkan tantangan endurance di sini.

“Untuk KOM Challenge panitia menyiapkan hadiah jutaan rupiah. Juara pertama uang tunai Rp 2,5 juta, juara kedua Rp 2 juta dan juara ketiga Rp1,5 juta. Masih ada lagi juara harapan 1 dan 2 masing-masing Rp 750 ribu dan Rp 500 ribu dan sebagai Grand Prize adalah 1 Unit Motor matic,” papar Arief.

 

Bukan hanya itu, selain hadiah, seluruh juara juga akan mendapatkan trofi dan sertifikat. Peserta masih bisa mendapatkan kesempatan meraih puluhan doorprize menarik. Sementara itu, untuk menyemarakkan event ini juga digelar Bazar UMKM darai beberapa Merchant serta dari Bhayangkari Polres Batu.

Sehingga peserta bisa melihat berbagai produk industri pariwisata, produk ekonomi kreatif dan UMKM khas Kota Batu.

Disela acara juga ditampilkan beberapa atraksi dari tarian sanduk Binaan Disparta juga tari tarian serta penambilan indah dari Pocil Polres Batu yang beberapa hari lalu menyabet juara 1 lomba di Mapolda Jatim .

Menurut Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin bahwa acara ini terselenggara berkat kerjasama antara Dinas pariwisata Kota Batu dan Mapolres Batu, melalui hubungan baik dan silaturahmi yang intens sehingga acara Gowes ini berjalan dengan Lancar

“ Memang rangkaian 1 Juli memperingati Hari Bhayangkara sudah usai , namun gowes Bhayangkara Wisata ini merupakan satu rangkaian dalam memperingatinya sekaligus sebagai ajang silaturohim tentunya dengan para stakeholder yang kita undang pada acara ini “.

“ Ada pak PJ Walikota Drs. Aries Agung Paewai yang hadir, Ketua DPRD Bpk Asmadi, dari jajaran TNI AL, TNI AU dan masih banyak yang lain serta dari beberapa komunitas-komunitas yang ikut meramaikan sehingga bisa kita jadikan perekat tali silaturahim komunikasi antara Polri, TNI , pemerintah daerah dan khususnya juga dengan warga masyarakat.”

Harapan Kami, smeoga kegiatan seperti ini bisa kita laksanakan setiap tahunnya yang tentunya dari pemerintah kota Batu terutama dari Dinas Pariwisata ini sangat membantu kita dan merupakan sporting utama dari kita serta kita juga didukung dengan beberapa sponsor,’ tutup Oskar