Polsek Kasembon Terus Lakukan Giat Monitoring Ternak Sapi Antisipasi Penularan PMK

Polsek Kasembon Terus Lakukan Giat Monitoring Ternak Sapi Antisipasi Penularan PMK

Polres Batu – Giat rutin terus dilakukan jajaran kepolisian demi mencegah merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku, di wilayah hukum Polres Batu. Giat rutin dilakukan untuk monitoring dan memberikan imbauan kepada peternak di tingkat desa.

Seperti yang dilakukan jajaran anggota Polsek kasembon bersama anggota Koramil Kasembon melaksanakan kegiatan Patroli Dialogis ke pemilik Ternak Sapi Perah pada hari Selasa (14/7/ 2022).

Kapolsek Kasembon AKP Gaguk Windu Hadi membenarkan bahwa anggotanya terus melakukan patroli secara dialogis ke para peternak sapi, salah satunya ke Ibu Ponijah pemilik ternak sapi perah di Dusun Rukem RT.016/ RW.005 Desa Bayem Kecamatan Kasembon Kabupaten Malang.

“ Dalam patroli tersebut, hasil yang didapat hewan ternak sapi perah dalam keadaan sehat tanpa ada ciri-ciri gejala PMK. Petugas juga memberikan himbauan agar selalu menjaga kebersihan hewan dan kandang ternak” kata Windu.

AKP Windu menghimbau kepada pemilik ternak Jika menemukan ciri-ciri Penyakit Mulut dan Kuku pada hewan ternaknya agar segera langsung melaporkan kepada Bhabinkamtibmas dan petugas PPL dari Dinas Pertanian dan Peternakan serta agar segera memisahkan hewan yang sakit ( karantina) dengan hewan yg sehat.

“Serta selalu menjaga kebersihan kandang dan pakan untuk mencegah hewan ternak tertular penyakit. Juga rutin melakukan penyemprotan Disinfektan di kandang, serta tidak melakukan mobilitas sapi yang keluar dan masuk ke Desa dan tidak panik apabila ada ternak sapi yg terjangkit PMK.” Imbau Windu.